Just another free Blogger theme

Welcome

Teknik Informatika
Google. Diberdayakan oleh Blogger.

Febrian RT

Febrian RT
-

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
DKI-Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Menyukai Aroma-Aroma yang berbau dengan 'Seni'

Rabu, 02 April 2014

Menurut ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia (Wikipedia), database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 

Tidak peduli apakah data ini tersimpan dalam bentuk kertas atau file komputer, selama data ini tersusun dalam aturan dan untuk keperluan tertentu, dapat disebut sebagai database. Namun biasanya jika kita menyebut database, hal ini merujuk kepada kumpulan data yang disimpan secara elektronik dalam komputer.

Dalam perencanaan database dapat menggunakan berbagai macam DBMS (Database Management System) seperti MS Access, SQL Server, My SQL, Postgre, Firebird dll. Dengan DBMS dapat dibuat program aplikasi basis data seperti merancang, membuat dan mengelola database.

 
Tujuan Pengembangan Basis Data oleh James Martin (1975) dibedakan atas 2 (dua), yaitu :
1.Tujuan Primer, sebagai tujuan utama yang ingin dicapai dalam setiap usaha perancangan dan pengembangan basis data
2.Tujuan Sekunder, merupakan tujuan tambahan untuk mencapai tujuan primer

Perencanaan database langkah-langkah kerjanya mengacu pada konsep pengembangan database. Ada banyak konsep pengembangan database seperti :

a. SDLC (System Development Life Cycle)
b. Spiral
c. RAD (Rapid Application Development)
d. CMM (Capability Maturity Model)

saya akan membahas tentang Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembangan software sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek


1.Sistem Engineering

 Dalam lingkup pengembangan perangkat lunak , rekayasa sistem adalah kegiatan untuk menentukan spesifikasi perancangan, pengimplementasian, penyebaran dan pemeliharaan sistem sebagai satu kesatuan.Sehingga rekasaya sistem atau lebih tepatnya rekayasa sistem berbasi komputer berhubungan dengan semua aspek pengembangan dan evolusi sistem kompleks dimana perangkat lunak memainkan peran utama.

Karakteristik subsistem adalah kemampuannya untuk berinteraksi secara independen. Dengan demikian, beberapa sistem informasi geografis dapat dipakai pada sistem lain. adanya hubungan yang komplek dalam sistem membuat rekayasa perangkat lunak merupakan bagian dari rekayasa sistem berbasis komputer mengingat pentingnya perangkat lunak pada sebuah sistem.
Pressman menyebut sistem yang didalamnya terdapat perangkat lunak berbasis komputer.
Pada sistem berbasis komputer terdapat komponen-komponen sebagai berikut :

  1. Perangkat keras (Hardware),
  2. Orang (people),
  3. Perangkat lunak (software),
  4. Basis Data (Data Base), dan
  5. Prosedur (Procedure).
Pada dasarnya, dari keenam komponen pembentuk sistem berbasis komputer, empat komponen terakhir diatas merupakan hasil aktivitas rekayasa perangkat lunak.
Perangkat lunak itu sendiri dari artifak-artifak hasil rekayasa perangkat lunak yang merupakan hasil dari aktivitas proses rekayasa (pengembangan) sistem berbasis komputer.

2.Requirements Analysis
 Tahap requirement analysis adalah tahap interaksi intensif antara analis
sistem dengan komunitas pemakai sistem (end-user), dimana team pengembangan
sistem menunjukkan keahliannya untuk mendapatkan tanggapan dan kepercayaan
pemakai, sehingga mendapat partisipasi yang baik.
Merupakan pekerjaan sulit untuk mendapatkan kesepakatan (skeptical) pemakai
tentang kebutuhan mereka dari sebuah sistem informasi, karena mungkin
pemakai mengalami kegagalan sistem informasi sebelumnya.

Dalam melakukan tahap ini akan dicapai 4 tujuan, yaitu :
a. Menjelaskan sistem saat ini secara lengkap.
b. Menggambarkan sistem informasi yang ideal.
c. Membawa sistem informasi yang ideal ke kondisi saat ini dengan
   memperhatikan kendala sumber daya.
d. Memberi dorongan terhadap keyakinan pemakai kedalam team pengembangan
   sistem.

3.Design
Pada tahap ini dibagi menjadi 2, yaitu logical design dan physical design.
a. Logical Design (desain logika)
Logical design adalah proses yang melibatkan semua aspek logika basis data seperti menentukan data model yang mencakup tabel (atribut dan domain), pendataan kategori data dan penentuan hubungan antar entitas dalam basis data (relationship)

b. Physical Design (desain fisik)
Physical design adalah proses yang melibatkan semua aspek fisik teknologi database seperti program DBMS yang akan digunakan, perangkat keras, sistem operasi dan jaringan komunikasi data (LAN, Internet dll)

4.Coding
KODING DATA
Proses koding data adalah usaha penyederhanaan data penelitian. Proses ini di jalankan dengan membuat kode untuk masing-masing kategori jawaban. Keuntungan yang didapat adalah mempermudah dan mempercepat analisis serta mempermudah penyimpanan data yang ada
istem Pengkodean Berdasarkan Jenis Pertanyaan
Ada dua macam sistem pengkodean, yaitu:
1. Jawaban pertanyaan tertutup yang isinya sudah ditentukan dan responden tinggal memilih salah satu atau lebih dari jawaban yang tersedia.
2. Jawaban pertanyaan terbuka yang isinya belum ditentukan.
5.Testing
A.Testing
Testing adalah proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasikan adanya ketidaksesuaian suatu hasil sebuah system informasi dengan apa yang diharapkan.
Testing bertujuan untuk memastikan mutu dari suatu produk yaitu menguji apakah produk (dalam hal ini system Informasi)yang dihasilkan telah sesuai dengan mutu yang dipersyaratkan. Testing dilakukan untuk memastikan / menjaga mutu suatu produk.
Testing juga bisa berarti sebuah proses analisa dan etitas software. Pada testing ini bertujuan untuk mendeteksi adanya perbedaan antara kondisi software yang ada dengan kondisi yang diinginkan, untuk melihat kerusakan suatu produk dan melakukan evaluasi fitur-fitur dari member nama software.

6. Maintenance

Maintenance adalah proses pemeliharaan basis data seperti modifikasi struktur database, perbaikan terhadap error dan pengaturan database untuk meningkatkan kinerja

Sumber Jurnal :
http://sintasarihusada.blogspot.com/2010/10/konsep-dan-peranan-database-di-dalam.html
http://penilai-hati.blogspot.com/2010/02/rekayasa-sistem-system-engineering.html



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar