Just another free Blogger theme

Welcome

Teknik Informatika
Google. Diberdayakan oleh Blogger.

Febrian RT

Febrian RT
-

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
DKI-Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Menyukai Aroma-Aroma yang berbau dengan 'Seni'

Rabu, 14 Mei 2014

Virtual Reality

Virtual Reality
Virtual reality adalah pemunculan sebuah gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan dari komputer dan terlihat seperti nyata dengan bantuan sejumlah perangkat/peralatan teknologi modern.
VR(Virtual Reality) pada teknologi game

VR(Virtual Reality) pada teknologi game adalah menvisualkan/memayakan dunia nyata ke dalam bentuk  3 Dimensi yang di implementasikan kedalam bentuk game dan membuat si pemakai layaknya melakukan aktivitas yang ada di dunia nyata.

Contoh game VR(Virtual Reality)
Game yang berimplementasi kan VR adalah
1.      Audition ayo dance
2.      The Sims
3.      Idol street
4.      Team Fotress 2 
5.      Worms 3D
6.      Half Life 2
7.      Frontier
8.      Elite: Dangerous
9.      Kingdom Come: Deliverance

a    aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya. 

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan sebelumnya, pengalaman yang dihasilkan olehvirtual reality umumnya harus memenuhi kriteria yaitu berpikir dari sudut pandang  pengguna dimana  objek yang digunakan dalam lingkungan virtual reality harus hidup seperti ukuran dan menghasilkan tampilan dan nuansa/rasa dari objek-objek dunia nyata. Kriteria selanjutnya yaitu alat yang digunakan harus melacak aktivitas pengguna secara  sangat efektif dan efisien. Pergerakan tangan, mata dan leher pemakai, tindakan, dan semua gerakan harus terlacak oleh aplikasi/alat secara hati-hati. Hasil atau akhir dari pelacakan gerakan tersebut adalah untuk mencocokkan dengan tindakan pengguna dalam dunia maya dimana perubahan pergerakan tersebut harus muncul kembali di layar. Sehingga elemen dari VR yaitu :
1.      Virtual Word (Dunia virtual), yaitu content dari sebuah medium yang diberikan, dapat berupa screenplay/script
2.      Immersion (Sensasi ada di dalam sebuah lingkungan), yang dibagi menjadi 3 macam yaitu:
A.    Mental immersion suspension of disbelief
B.     Physical immersion : secara badan/fisik memasuki media
C.     c.    Mentally immersed : sensasi user berada di dalam Virtual Reality
3.      Sensory Feddbackyaitu informasi mengenai virtual world ditampilkan ke indra user. Dapat bersifat secara visual (paling umum), audio, atau sentuhan.
4.      InteractivityYaitu  virtual world merespon aksi user. Komputer membuat hal ini menjadi mungkin dan real time.
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita melihat atau bahkan terlibat secara langsung dala duni virtual baik melalui bermain game, menonton bioskop, dan lain sebagainya. Sesuatu yang membuat kita mengalami atau merasakan hal itu secara nyata sehingga menimbulkan sensasi itulah yang dinamakan virtual reality. Secara harfiah arti dari virtual reality terdiri dari dua kata yaitu virtual dan reality. Kata virtual berarti memberikan pengalaman namun tidak secara nyata. Sedangkan kata reality artinya adalah keadaan yang seolah-olah sesuai dengan kenyataan, fakta, dan realita kehidupan. Jika kata-kata tersebut digabungkan, definisi virtual reality adalah keadaan yang sebenarnya tidak nyata tetapi dibuat seperti nyata agar kita merasakan pengalaman atau sensasi dari keadaan tersebut dimana menjadi maksud atau tujuan yang dibuat oleh si penciptanya. Berikut ini definisi virtual reality menurut pendapat beberapa ahli (yang menurut gw lebih bener dan terpercaya, hehee), sebagai berikut :
1.      Virtual Environment (reality)merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), dimana suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
2.      Sebuah simulasi komputer realitas, menggunakan grafis 3D dan efek suara, dengan antarmuka pengguna seperti kacamata khusus dan sarung tangan, untuk menciptakan lingkungan manusia hidup untuk hiburan, eksperimentasi, dan pelatihan.
3.      Teknologi ini memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.




Keterkaitan VR(Virtual Reality) di berbagai bidang
1.      Militer
untuk membantu angkatan bersenjata berltih perang menggunakan musuh virtual.Oleh karena itu, VR akan sangat membantu dari segi finansial dan tempat yang dibutuhkan dan sistem dapat selalu dimaintain dan diperbaiki.

2.      Hiburan :
Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski.

3.       Di bidang Pendidikan
Konsep Virtual Reality juga banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan sebagai media pembelajaran yang paling efektif. Selain itu aplikasi virtual reality dapat berupa laboratorium virtual, studi effek angin, simulasi gempa, model astronomi dan pengujian matematika yangkompleks. Di Jepang terdapat pameran yang berjudul “Dinosaurs-Miracle of the Desert” dimana pengunjung dapat melihat secara langsung dinosaurus berjalan-jalan di museum dengan menggunakan alat bantu penglihatan. Dengan alat ini pengunjung bisa seakan-akan berada dalam satu ruangan dengan dinosaurus. Mengamati bagaimana dinosaurus berinteraksi. VR dimanfaatkan untuk membuat pemodelan molekul, pemodelan proses pembelahan sel pada pembelajaran biologi dan pembelajaran lain yang kompleks dan sulit untuk dilakukan di secara nyata.

4.       Medis
Virtual reality diaplikasikan pada bidang medis seperti simulasi pembedahan, pembelajaran fisiologi, pemodelan interna. Terdapat virtual anatomi tubuh manusia yang dibuat oleh China. Program ini dibuat dengan vidoe interaktif. Dengan adanya kemudahan ini kita dapat melihat anatomi manusia dengan lebih nyata.

Hardware Virtual reality
1.       Oculus Rift
2.       Project Morpheus
3.       Virtuix Omni
4.       Razer Hydra

Pengaruh Virtual Reality di dunia "change the world"

Menurut saya Virtual Reality mempunyai pengaruh yang amat besar dalam perubahan teklogi di dunia bahkan mungkin suatu saat dapat men visualisasi dunia kedalam bentuk maya. Dari segi komunikasi mungkin orang-orang tidak perlu repot-repot datang ke tempat lokasi tetapi hanya cukup bervirtualisasi ke dalam sebuah tempat yang sudah di sedia kan. Selain itu di dalam sisi ekonomi, mungkin akan meminimkan biaya yang di keluarkan dengan merancang design objek-objek atau protoype hanya secara virtual tanpa harus membeli suku cadang yang mahal. Kemudian dari segi hiburan, sangat memungkinkan bagi para gamers lebih atraktif dalam memainkan nya dengan sentuhan sensifitas yang tinggi. Lebih dari itu, virtual reality dapat memungkin kan kita membuat skenario kehidupan secara maya atau simulasi dalam kepentingan tertentu.
Sumber:
http://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/26/virtual-reality/


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar