Virtual Reality
Virtual Reality
Virtual reality adalah pemunculan sebuah gambar-gambar tiga
dimensi yang di bangkitkan dari komputer dan terlihat seperti nyata dengan
bantuan sejumlah perangkat/peralatan teknologi modern.
VR(Virtual Reality) pada teknologi game
VR(Virtual Reality) pada
teknologi game adalah
menvisualkan/memayakan dunia nyata ke dalam bentuk 3 Dimensi yang di
implementasikan kedalam bentuk game dan membuat si pemakai layaknya melakukan
aktivitas yang ada di dunia nyata.
Contoh game VR(Virtual Reality)
Game yang berimplementasi kan VR adalah
1. Audition
ayo dance
2. The Sims
3. Idol
street
4. Team
Fotress 2
5. Worms 3D
6. Half Life 2
7. Frontier
8. Elite:
Dangerous
9. Kingdom Come: Deliverance
a aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun
payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera
selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan
terjun payung sesungguhnya.
Berdasarkan apa yang telah dijelaskan
sebelumnya, pengalaman yang dihasilkan olehvirtual reality umumnya
harus memenuhi kriteria yaitu berpikir dari sudut pandang pengguna
dimana objek yang digunakan dalam lingkungan virtual reality harus
hidup seperti ukuran dan menghasilkan tampilan dan nuansa/rasa dari objek-objek
dunia nyata. Kriteria selanjutnya yaitu alat yang digunakan harus melacak
aktivitas pengguna secara sangat efektif dan efisien. Pergerakan tangan,
mata dan leher pemakai, tindakan, dan semua gerakan harus terlacak oleh
aplikasi/alat secara hati-hati. Hasil atau akhir dari pelacakan gerakan
tersebut adalah untuk mencocokkan dengan tindakan pengguna dalam dunia maya
dimana perubahan pergerakan tersebut harus muncul kembali di layar. Sehingga elemen
dari VR yaitu :
1.
Virtual
Word (Dunia virtual),
yaitu content dari sebuah medium yang diberikan, dapat
berupa screenplay/script
2.
Immersion (Sensasi ada di dalam sebuah
lingkungan), yang dibagi menjadi 3 macam yaitu:
A.
Mental immersion : suspension of disbelief
B.
Physical
immersion : secara badan/fisik
memasuki media
C.
c. Mentally
immersed : sensasi user berada
di dalam Virtual Reality
3.
Sensory
Feddbackyaitu informasi
mengenai virtual world ditampilkan ke indra user.
Dapat bersifat secara visual (paling umum), audio, atau sentuhan.
4.
InteractivityYaitu virtual world merespon
aksi user. Komputer membuat hal ini menjadi mungkin dan real
time.
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita melihat atau bahkan
terlibat secara langsung dala duni virtual baik melalui bermain game,
menonton bioskop, dan lain sebagainya. Sesuatu yang membuat kita mengalami atau
merasakan hal itu secara nyata sehingga menimbulkan sensasi itulah yang
dinamakan virtual reality. Secara harfiah arti dari virtual
reality terdiri dari dua kata yaitu virtual dan reality.
Kata virtual berarti memberikan pengalaman namun tidak secara
nyata. Sedangkan kata reality artinya adalah keadaan yang
seolah-olah sesuai dengan kenyataan, fakta, dan realita kehidupan. Jika
kata-kata tersebut digabungkan, definisi virtual reality adalah keadaan yang
sebenarnya tidak nyata tetapi dibuat seperti nyata agar kita merasakan
pengalaman atau sensasi dari keadaan tersebut dimana menjadi maksud atau tujuan
yang dibuat oleh si penciptanya. Berikut ini definisi virtual reality menurut
pendapat beberapa ahli (yang menurut gw lebih bener dan terpercaya, hehee),
sebagai berikut :
1. Virtual Environment (reality)merupakan teknologi yang membuat pengguna
dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), dimana suatu lingkungan sebenarnya yang
ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
2. Sebuah simulasi komputer realitas, menggunakan
grafis 3D dan efek suara, dengan antarmuka pengguna seperti kacamata khusus dan
sarung tangan, untuk menciptakan lingkungan manusia hidup untuk hiburan,
eksperimentasi, dan pelatihan.
3. Teknologi ini memungkinkan seseorang melakukan
suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang
mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah
terlibat secara fisik.
Keterkaitan VR(Virtual Reality) di berbagai bidang
1. Militer
untuk membantu angkatan bersenjata berltih perang menggunakan
musuh virtual.Oleh karena itu, VR akan sangat membantu dari segi finansial dan
tempat yang dibutuhkan dan sistem dapat selalu dimaintain dan diperbaiki.
2. Hiburan
:
Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi pertempuran udara, Taman
Virtual, Simulasi Ski.
3. Di bidang
Pendidikan
Konsep Virtual
Reality juga banyak
dimanfaatkan di bidang pendidikan sebagai media pembelajaran yang paling
efektif. Selain itu aplikasi virtual reality dapat berupa laboratorium virtual,
studi effek angin, simulasi gempa, model astronomi dan pengujian matematika
yangkompleks. Di Jepang terdapat pameran yang berjudul “Dinosaurs-Miracle of
the Desert” dimana pengunjung dapat melihat secara langsung dinosaurus
berjalan-jalan di museum dengan menggunakan alat bantu penglihatan. Dengan alat
ini pengunjung bisa seakan-akan berada dalam satu ruangan dengan dinosaurus.
Mengamati bagaimana dinosaurus berinteraksi. VR dimanfaatkan untuk membuat pemodelan
molekul, pemodelan proses pembelahan sel pada pembelajaran biologi dan
pembelajaran lain yang kompleks dan sulit untuk dilakukan di secara nyata.
4. Medis
Virtual reality diaplikasikan pada bidang medis seperti simulasi pembedahan,
pembelajaran fisiologi, pemodelan interna. Terdapat virtual anatomi tubuh
manusia yang dibuat oleh China. Program ini dibuat dengan vidoe interaktif.
Dengan adanya kemudahan ini kita dapat melihat anatomi manusia dengan lebih
nyata.
Hardware Virtual reality
1. Oculus
Rift
2. Project
Morpheus
3. Virtuix
Omni
4. Razer
Hydra
Pengaruh Virtual Reality di dunia "change the
world"
Menurut saya Virtual Reality mempunyai pengaruh yang amat besar
dalam perubahan teklogi di dunia bahkan mungkin suatu saat dapat men
visualisasi dunia kedalam bentuk maya. Dari segi komunikasi mungkin orang-orang
tidak perlu repot-repot datang ke tempat lokasi tetapi hanya cukup
bervirtualisasi ke dalam sebuah tempat yang sudah di sedia kan. Selain itu di
dalam sisi ekonomi, mungkin akan meminimkan biaya yang di keluarkan dengan
merancang design objek-objek atau protoype hanya secara virtual tanpa harus membeli
suku cadang yang mahal. Kemudian dari segi hiburan, sangat memungkinkan bagi
para gamers lebih atraktif dalam memainkan nya dengan sentuhan sensifitas yang
tinggi. Lebih dari itu, virtual reality dapat memungkin kan kita membuat
skenario kehidupan secara maya atau simulasi dalam kepentingan tertentu.
Sumber:
http://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/26/virtual-reality/
0 komentar:
Posting Komentar