Just another free Blogger theme

Welcome

Teknik Informatika
Google. Diberdayakan oleh Blogger.

Febrian RT

Febrian RT
-

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
DKI-Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Menyukai Aroma-Aroma yang berbau dengan 'Seni'

Rabu, 07 Mei 2014


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KONSOL GAME

Video Game adalah sebuah hal yang menarik, juga sebuah suatu hal yang tidak bisa dilepaskan kepada kita, dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa dihubungkan dengan sehari-hari? karena setiap orang dari mulai anak-anak hingga dewasa pasti sangat menyukai yang namanya video game.

Video Game dari awal perkembangannya sangat pesat hingga sekarang. Video Game juga merupakan perkembangan teknologi-teknologi dari yang sederhana hingga permainan yang kompleks atau bahkan hingga berjuta-jutaan rupiah. Mari kita simak Sejarah Game konsol.

Sejarah Game Konsol
Dalam bahasa Indonesia “Game” berarti “permainan”. Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Dahulu istilah game identik dengan anak-anak selaku pemain. Yang ada dibenak kita adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun online. Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” (atau penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus kita masukkan kedalam perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan para pemain / penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini. Mereka bisa lupa segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas menuntut ilmu.
GENERASI PERTAMA
Game bermula pada tahun 1972, pada saat itu, orang masih belum mengenal apa itu konsol, apa itu game komputer, yang ada hanya istilah ”video game”, yaitu sebuah permainan elektronik yang menampilkan gambar bergerak (video). Pada tahun 1972 ini, sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama, yaitu Odyssey.
Boleh dibilang, Odyssey bukanlah sebuah mesin yang sukses, penjualannya tidak menunjukkan antusias konsumen. Tidak lama berselang, sebuah game arcade legendaris Atari bertitel Pong muncul. Pong merupakan sebuah game sederhana yang mengambil konsep permainan tenis, satu bola dan 2 papan di kiri dan kanan, pemain sebisa mungkin harus berusaha mengembalikan bola ke daerah lawan, tentu kita sudah pernah melihat game yang hingga 2009 ini masih dimainkan.
Atari merilis Pong dalam bentuk sebuah mesin ding dong bernama Sears. Akhirnya, pada tahun 1975, Magnavox menyerah dan menghentikan produksi Odyssey. Sebagai gantinya, mereka mengikuti jejak Atari, memproduksi mesin ding dong bernama Odyssey 100, yang khusus menyajikan game Pong.
GENERASI KEDUA
Fairchild VES, pertama di dunia yang menggunakan media cartridge.
Pada tahun 1976, Fairchild mencoba menghidupkan kembali dunia video game dengan menciptakan VES (Video Entertainment System). VES adalah mesin pertama yang disebut ”konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetik yang disebut cartridge. Nah, konsep ini kemudian diikuti oleh beberapa produsen lain, termasuk Atari, Magnavox, dan RCA, ketiga perusahaan tersebut juga merilis konsol serupa.









Pada tahun 1977, dunia konsol menjadi tidak populer, game-game yang ada tidak berhasil menarik minat. Fairchild dan RCA mengalami kebangkrutan. Praktis, hanya ada Atari dan Magnavox yang masih bertahan di dunia video game. Sekitar tahun 1978, Magnavox meluncurkan Odyssey 2, seperti halnya Odyssey pertama, konsol ini pun gagal menjadi hit. Tak lama berselang, Atari meluncurkan konsol legendaris, Atari 2600, yang terkenal dengan game Space Invaders-nya. Dan mulai tahun 1980, berbagai produsen konsol muncul, dan mereka mengambil Atari 2600 sebagai konsep dasar, perkembangan dunia game pun semakin pesat.
Tiga tahun berselang, tepatnya tahun 1983, dunia video game kembali ambruk. Game-game yang kurang kreatif membuat konsol kembali mendapat sambutan dingin, apalagi, PC saat itu menjadi semakin canggih. Orang lebih memilih membeli PC ketimbang konsol video game, selain untuk bermain, PC juga produktif untuk bekerja.
Kampanye seperti inilah yang terjadi di pasar dan membuat hampir seluruh perusahaan konsol mengalami kebangkrutan. Dan tahun 1983 ini menjadi titik di mana game-game komputer (PC Game) semakin berkembang pesat, hingga saat ini. Pelopor PC ber-game saat itu adalah Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yang menyediakan tampilan grafis 16-warna dan memiliki kapasitas memori jauh lebih baik dari konsol videogame model apa pun.
Atari 2600, sempat hit tahun 80-an. Memiliki “adik” bernama Atari 2600 Jr.
GENERASI KETIGA





Famicom dari Nintendo, berhasil merajai pasar videogame di era generasi ketiga.
Hancurnya dunia konsol, menggugah perusahaan bernama Famicom untuk mencoba industri videogame kembali. Perusahaan Jepang ini menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika, yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, dengan demikian seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya, muncul sebuah game legendaris, Super Mario Brothers, yang dibintangi karakter fenomenal yang tetap eksis hingga kini, Mario.
GENERASI KEEMPAT
NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Rivalitas yang legendaris, Super NES dan Mario Brothers sebagai ikonnya melawan SEGA Mega Drive dan Sonic the Hedgehog sebagai ikonnya.
GENERASI KELIMA
Panasonic 3DO, konsol game pertama yang menggunakan media CD.
Mulai dari 1990 sampai 1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing. Berbagai game fenomenal dirilis. SNES menyertakan chip Super FX pada cartridge mereka, dan Sega menggunakan Sega Virtua Processor, keduanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas grafis dari game. Alhasil, SNES dan Sega saling beradu dengan game-game keren seperti Donky Kong Country (SNES) dan Vectorman (Sega).
Awal generasi kelima dimulai ketika tahun 1993, sebuah perusahaan ternama, Panasonic, merilis konsolnya yang bernama Panasonic 3DO. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan CD sebagai pengganti cartridge. Harganya yang sangat mahal membuat konsol ini tidak populer, 3DO tidak bertahan lama dan harus segera menghentikan produksinya
Sony Playstation, halooo…si Raja telah datang!!!
Selanjutnya, tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol baru untuk menandingi Nintendo dan Sega. Atari Jaguar jelas jauh lebih canggih ketimbang NES maupun Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit menjadi batu sandungan, belum lagi, pada tahun yang sama, Sony merilis konsol super legendaris, PlayStation. Atari bangkrut dan akhirnya melakukan merger.
Konsol basis CD yang pertama kali menuai sukses adalah Sony PlayStation. Konsol Jepang ini segera mendapat sambutan hangat, dan hingga saat ini, PlayStation sudah terjual ratusan juta unit. PlayStation yang juga disebut PS-One merupakan konsol terlaris sepanjang masa. Sega dan Nintendo tampaknya menyadari ketertinggalan mereka dari Sony. Sega kemudian merilis Sega Saturn, dan Nintendo mengeluarkan Nintendo 64. Tapi, sayangnya, duo konsol tersebut udah nggak sekuat dulu lagi.
GENERASI KEENAM
Setelah jatuhnya Nintendo dan Sega, kini dunia konsol jadi milik Sony. PlayStation menjadi raja dan bisa dibilang tidak memiliki pesaing. Sega mencoba meluncurkan Sega Dreamcast pada 1998 untuk mematahkan dominasi Sony, tetapi kembali gagal, akhirnya pada tahun itu juga, Sega mengundurkan diri dari dunia produsen konsol.
Sony semakin ’merajalela’ ketika mereka berhasil merilis konsol barunya, PlayStation 2, yang sudah berbasis DVD pada tahun 2000. Nintendo mencoba bertahan di dunia konsol dengan merilis GameCube. Konsol ini tidak menggunakan DVD 12 cm biasa, melainkan DVD yang berukuran lebih kecil, yaitu 8 cm. Ukuran keping medianya yang lagi-lagi nyeleneh membuat GameCube kurang populer.



Dari kiri ke kanan: Nintendo GameCube, Microsoft Xbox, Sony Playstation 2. Diurut berdasarkan tingkat popularitasnya.
Satu-satunya pesaing serius PlayStation 2 adalah Xbox. Sebuah konsol keluaran Microsoft ini menggebrak dengan tampilan visual yang sangat tajam dan berkualitas yang kala itu lebih menarik dibanding dengan PlayStation 2. Sayangnya game-game Xbox ternyata tidak sepopuler PlayStation 2. Satu game Xbox yang menjadi hit dan cukup fenomenal yaitu Halo. Karena game ini sudah memanfaatkan fasilitas ‘unggul’ dari Microsoft, yaitu Xbox Live.
GENERASI KETUJUH
Xbox 360, Wii, Playstation 3, menjadi pesaing tetap dari generasi sebelumnya.
Boleh dibilang, Xbox terlambat meluncur ke pasaran dibanding PlayStation 2, dan support game-game tenar juga sangat minim. Tetapi, Microsoft seolah belajar dari kesalahannya. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft kali ini telah mengambil seribu langkah lebih cepat. Xbox 360, konsol generasi terkini yang memanfaatkan media HD-DVD (nantinya) meluncur pada November 2005 silam.
Xbox 360 hadir dengan segudang fitur istimewa, mulai dari grafis, hingga titel-titel game terkenal. Di antaranya Best Game of The Year 2006 versi beberapa situs game terkemuka, Gears of War. Apalagi, Xbox Live semakin disempurnakan, dan mendapat sambutan luar biasa dari para gamer.







Kali ini, giliran Sony yang terlambat. PlayStation 3 dirilis pada November 2006, selang seminggu sebelum Nintendo meluncurkan terobosannya, yaitu Nintendo Wii. Posisi PlayStation 3 kurang menguntungkan, selain karena Xbox 360 sudah keburu tenar duluan, Wii juga menawarkan inovasi pada stik kontrol mereka yang ’motion sensitive’. Apalagi, harga konsol terbaru Sony itu merupakan yang paling mahal dibanding dua pesaingnya. Alhasil, penjualan PlayStation 3 menjadi yang terendah di bawah Xbox 360 dan Wii hingga artikel ini ditulis.
GENERASI HANDHELD





Mattel Electronics, video game saku pertama di dunia.
Merebaknya popularitas game membuat berbagai perusahaan elektronik berusaha membuat terobosan baru. Di antaranya adalah membuat sebuah mesin game berukuran kecil, yang bisa dibawa ke mana pun. Belakangan, konsol pun dibuat mini, serupa dengan handheld, tentu saja, ini merupakan sebagian terobosan besar yang tidak boleh dilupakan dalam sejarah game.
Sejarah video game saku ini bermula pada tahun 1976, beberapa piranti dari Mattel dirilis ke pasaran, tetapi tidak begitu populer. Demikian pula dengan handheld buatan Milton Bradley yang dilempar ke pasaran tahun 1979 silam. Perusahaan-perusahaan Jepang mulai merambah pasar handheld pada awal 1980-an, tetapi tetap sama saja hasilnya. Hal ini terus berlanjut hingga 1984. Pada waktu itu, sebuah nama yang tentu tidak asing sampe sekarang, Game Boy, muncul. Handheld buatan Nintendo ini begitu diminati dan dinobatkan sebagai handheld pertama di dunia yang angka penjualannya boleh dikatakan sukses.
Lima tahun kemudian, pada 1979, Atari mengakhiri era handheld hitam putih. Produk andalannya, Atari Lynx, membawa dimensi baru. Ini handheld pertama yang mampu menampilkan warna, sekaligus animasi 3D yang sederhana. Tahun 1990, dunia handheld semakin menggila, NEC, perusahaan elektronik terkemuka di Jepang membuat handheld yang mampu merender animasi 3D lebih kompleks, karena menerapkan konsep grafis 3D untuk PC (personal computer).
Semenjak tahun tersebut, produsen game semakin gencar melakukan riset untuk handheld. Sega merilis Game Gear dan setahun berselang, Nintendo memperbarui produknya dengan Super Game Boy. Bahkan, Sega memproduksi handheld tanpa layar, Mega Jet, untuk diimplementasikan di pesawat terbang guna menghibur penumpangnya. Nintendo Virtual Boy menyusul pada tahun 1994, lengkap dengan kacamata 3D-nya, yang sekarang banyak ditiru untuk pelengkap berbagai paket produk grafis 3D.
Mulai tahun 1995, ada ide untuk mengecilkan ukuran konsol, dimulai dari Sega Nomad. Konsol ini membutuhkan cartridges Sega Mega Drive, tetapi ukurannya kecil, maka dari itu tergolong handheld. Pada tahun 1996, muncul Neo Geo Pocket, disusul oleh beberapa variasi Game Boy Pocket dan Game Boy Color, yang terus berinovasi tiap tahunnya.
Sony merilis PocketStation pada 1998 dan memberikan kejutan besar di dunia konsol. Handheld ini memiliki kualitas visual yang jauh lebih baik dibanding handheld lain yang ada di pasaran. Salah satu pentolan Nintendo, Gumpei Yokoi, memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan Bandai, kemudian merilis WonderSwan dan WonderSwan Color pada 1999 dan 2000.
Meski kalah jumawa dari Nintendo DS, Sony PSP telah menetapkan standar baru teknologi handheld di masa depan.
Pada 2001, Game Park GP32 muncul. Handheld buatan Korea ini sangat unik, selain fitur multimedia, pemiliknya bisa mendesain aplikasi dan game sendiri untuk GP32. Nintendo juga merilis Game Boy Advance pada tahun yang sama. Bahkan, Nokia produsen ponsel yang tidak asing bagi Anda, merilis handheld Nokia N-Gage di tahun 2003. Ini merupakan ponsel sekaligus piranti game yang lengkap dengan fitur-fitur multimedia dan interkonektivitas, seperti Bluetooth. Dan juga pada tahun ini, dirilis Game Boy Advance SP dengan model yang cantik, solid, dan padat.
Akhir 2004, Sony merilis handheld pertama yang menggunakan cakram bernama PSP dan dibarengi dengan hadirnya Nintendo DS, yang menggunakan konsep dual screen (layar ganda). Disusul oleh Game Boy Micro dan Game Park XGP yang rilis sepanjang 2005. dan akhirnya tahun 2006 lalu, Nintendo DS Lite dan Pelican VG Pocket Caplet menjadi handheld terbaru yang dilempar ke pasaran.

  • Dampak Bermain menggunakan Console Game
  1. Lupa Waktu
  2. Tidak dapat bersosialisasi
  3. Merusak pikiran
  4. Merusak badan
  5. Merusak mata
  6. Menghabiskan uang
  • Saran
  1. Manage waktu jika ingin bermain game
  2. Jangan lupa untuk tetap memiliki waktu luang untuk bersosialisasi
  3. Kembangkan agar console game terus maju

Sumber :

http://g2hcombro.wordpress.com/sejarah-perkembangan-game/

Rabu, 23 April 2014

MODEL EER
(ENHANCED ENTITY RELATIONSHIP)




Model EER
Model entity Relationship yang ditambah kemampuan semantiknya dengan beberapa konsep yang lebih kompleks.

Konsep-konsepnya :
l Subclass
l Superclass
l Generalization
l Specialization
ð  Specialization Hierarchy
ð  Specialization lattice
l Attribute Inheritance
l Shared Subclass

l Categorization

Untuk memahami konsep EER ini, saya akan berikan contoh kasus "kelengkapan data pegawai" di suatu perusahaan. ada 3 entitas disini , yaitu Vehicle, SalesPerson dan Customer . Vehicle menjadi superclass dengan 3 subclass yaitu car ,truk ,dan suv Perhatikan model EER dibawah ini





Keterangan :

1.Tipe EER yang saya gunakan adalah Spesialization, yaitu memecah menjadi 3 subcalss yaitu car, truk dan suv.

2.Tipe Constraint pada model EER diatas adalah  Disjoint Partial , karena entity hana bisa menjadi anggota subclass. Artinya tidak memungkinkan truk merangkap menjadi suv.

  partial karena ada entity pada superclass yang bukan merupakan anggota subclass manaun. Artinya masih ada entity lain dibawah entity vehicle dsb.

3.ada 2 relasi entitas , yaitu many-to-many tidak ada. 

 Relasi yang kedua yaitu One-to-many antara Vehicle dengan entitas salesperson dan customer artinya salesperson ini yang akan menjual kepada customer.




Nama kelompok : Febrian Ruby Theo (52411777)
                      Fahmi Aufa (52411580)
                            Kutfu Dani
Kelas                  : 3IA14





Rabu, 02 April 2014

Menurut ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia (Wikipedia), database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 

Tidak peduli apakah data ini tersimpan dalam bentuk kertas atau file komputer, selama data ini tersusun dalam aturan dan untuk keperluan tertentu, dapat disebut sebagai database. Namun biasanya jika kita menyebut database, hal ini merujuk kepada kumpulan data yang disimpan secara elektronik dalam komputer.

Dalam perencanaan database dapat menggunakan berbagai macam DBMS (Database Management System) seperti MS Access, SQL Server, My SQL, Postgre, Firebird dll. Dengan DBMS dapat dibuat program aplikasi basis data seperti merancang, membuat dan mengelola database.

 
Tujuan Pengembangan Basis Data oleh James Martin (1975) dibedakan atas 2 (dua), yaitu :
1.Tujuan Primer, sebagai tujuan utama yang ingin dicapai dalam setiap usaha perancangan dan pengembangan basis data
2.Tujuan Sekunder, merupakan tujuan tambahan untuk mencapai tujuan primer

Perencanaan database langkah-langkah kerjanya mengacu pada konsep pengembangan database. Ada banyak konsep pengembangan database seperti :

a. SDLC (System Development Life Cycle)
b. Spiral
c. RAD (Rapid Application Development)
d. CMM (Capability Maturity Model)

saya akan membahas tentang Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembangan software sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek


1.Sistem Engineering

 Dalam lingkup pengembangan perangkat lunak , rekayasa sistem adalah kegiatan untuk menentukan spesifikasi perancangan, pengimplementasian, penyebaran dan pemeliharaan sistem sebagai satu kesatuan.Sehingga rekasaya sistem atau lebih tepatnya rekayasa sistem berbasi komputer berhubungan dengan semua aspek pengembangan dan evolusi sistem kompleks dimana perangkat lunak memainkan peran utama.

Karakteristik subsistem adalah kemampuannya untuk berinteraksi secara independen. Dengan demikian, beberapa sistem informasi geografis dapat dipakai pada sistem lain. adanya hubungan yang komplek dalam sistem membuat rekayasa perangkat lunak merupakan bagian dari rekayasa sistem berbasis komputer mengingat pentingnya perangkat lunak pada sebuah sistem.
Pressman menyebut sistem yang didalamnya terdapat perangkat lunak berbasis komputer.
Pada sistem berbasis komputer terdapat komponen-komponen sebagai berikut :

  1. Perangkat keras (Hardware),
  2. Orang (people),
  3. Perangkat lunak (software),
  4. Basis Data (Data Base), dan
  5. Prosedur (Procedure).
Pada dasarnya, dari keenam komponen pembentuk sistem berbasis komputer, empat komponen terakhir diatas merupakan hasil aktivitas rekayasa perangkat lunak.
Perangkat lunak itu sendiri dari artifak-artifak hasil rekayasa perangkat lunak yang merupakan hasil dari aktivitas proses rekayasa (pengembangan) sistem berbasis komputer.

2.Requirements Analysis
 Tahap requirement analysis adalah tahap interaksi intensif antara analis
sistem dengan komunitas pemakai sistem (end-user), dimana team pengembangan
sistem menunjukkan keahliannya untuk mendapatkan tanggapan dan kepercayaan
pemakai, sehingga mendapat partisipasi yang baik.
Merupakan pekerjaan sulit untuk mendapatkan kesepakatan (skeptical) pemakai
tentang kebutuhan mereka dari sebuah sistem informasi, karena mungkin
pemakai mengalami kegagalan sistem informasi sebelumnya.

Dalam melakukan tahap ini akan dicapai 4 tujuan, yaitu :
a. Menjelaskan sistem saat ini secara lengkap.
b. Menggambarkan sistem informasi yang ideal.
c. Membawa sistem informasi yang ideal ke kondisi saat ini dengan
   memperhatikan kendala sumber daya.
d. Memberi dorongan terhadap keyakinan pemakai kedalam team pengembangan
   sistem.

3.Design
Pada tahap ini dibagi menjadi 2, yaitu logical design dan physical design.
a. Logical Design (desain logika)
Logical design adalah proses yang melibatkan semua aspek logika basis data seperti menentukan data model yang mencakup tabel (atribut dan domain), pendataan kategori data dan penentuan hubungan antar entitas dalam basis data (relationship)

b. Physical Design (desain fisik)
Physical design adalah proses yang melibatkan semua aspek fisik teknologi database seperti program DBMS yang akan digunakan, perangkat keras, sistem operasi dan jaringan komunikasi data (LAN, Internet dll)

4.Coding
KODING DATA
Proses koding data adalah usaha penyederhanaan data penelitian. Proses ini di jalankan dengan membuat kode untuk masing-masing kategori jawaban. Keuntungan yang didapat adalah mempermudah dan mempercepat analisis serta mempermudah penyimpanan data yang ada
istem Pengkodean Berdasarkan Jenis Pertanyaan
Ada dua macam sistem pengkodean, yaitu:
1. Jawaban pertanyaan tertutup yang isinya sudah ditentukan dan responden tinggal memilih salah satu atau lebih dari jawaban yang tersedia.
2. Jawaban pertanyaan terbuka yang isinya belum ditentukan.
5.Testing
A.Testing
Testing adalah proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasikan adanya ketidaksesuaian suatu hasil sebuah system informasi dengan apa yang diharapkan.
Testing bertujuan untuk memastikan mutu dari suatu produk yaitu menguji apakah produk (dalam hal ini system Informasi)yang dihasilkan telah sesuai dengan mutu yang dipersyaratkan. Testing dilakukan untuk memastikan / menjaga mutu suatu produk.
Testing juga bisa berarti sebuah proses analisa dan etitas software. Pada testing ini bertujuan untuk mendeteksi adanya perbedaan antara kondisi software yang ada dengan kondisi yang diinginkan, untuk melihat kerusakan suatu produk dan melakukan evaluasi fitur-fitur dari member nama software.

6. Maintenance

Maintenance adalah proses pemeliharaan basis data seperti modifikasi struktur database, perbaikan terhadap error dan pengaturan database untuk meningkatkan kinerja

Sumber Jurnal :
http://sintasarihusada.blogspot.com/2010/10/konsep-dan-peranan-database-di-dalam.html
http://penilai-hati.blogspot.com/2010/02/rekayasa-sistem-system-engineering.html




PENGERTIAN TEKNOLOGI GAME

PENGERTIAN 


Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang artinya permainan. Di dalam era perkembangan era perkembangan teknologi yang pesat ini, seperti halnya permainan kartu, catur dan lain-lainnya dapat ditemui melalui dunia virtual atau yang biasa kita mainkan di dalam komputer. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini munculah berbagai sarana permainan, misalnya Playstation 3, Xbox 360, Nintendo Wii, PSP, Nintendo DS, maupun PC dari yang berbasis individu ataupun multiplayer.
Pengertian game komputer menurut beberapa ahli :
− Menurut Chris Crawford, seorang computer game designer mengemukakan bahwa game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.
− Menurut David Parlett, Game adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya": artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.
− Menurut Roger Caillois, seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktivitas yang mencakup karakteristik berikut: fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertain, non-productive, governed by rules (ada aturan), fictitious (pura-pura).
− Menurut Clark C. Abt, Game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan “dibatasi oleh konteks tertentu” (misalnya, dibatasi oleh peraturan).
− Menurut Bernard Suits Game adalah “upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu”. “Rintangan yang tidak perlu”.
− Menurut Greg Costikyan, Game adalah “sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan”.
− Definisi ini dari buku Rules of Play karya Katie Salen dan Eric Zimmerman, Game adalah “sistem tempat pemain melakukan konflik bohongan, ditentukan oleh aturan, yang memberi hasil terukur”.

Contoh Game yaitu DOTA ,Apa itu Dota?



Dalam membuat Game Dota ini dibutuhkan Bahasa Pemrograman yang tinggi , sehingga bahasa pemrograman yang ada tidak sembarangan dalam membuat game ini, Scrip yang dipakai untuk Dota sendiri yang termasuk ke dalam RTS (Real Time Strategy) dengan kata lain game ini memakai taktik ,strategi juga logika dalam bermain, Bahasa pemrogram Game ini (DOTA) yang dipakai sampai sekarang adalah GML atau (Game Maker Language)

Dota sudah tidak asing lagi bagi para gamers di dunia terutama di Indonesia ,karena dota termasuk kedalam game terlaris di dunia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kemajuan dalam bidang gaming. Tak jarang para gamers dari negeri kita meraih gelar ataupun peringkat-peringkat dalam tournament bertaraf internasional. Game online di Indonesia memiliki banyak player setiap harinya. Tapi kalau ditanya tentang definisi dari game DOTA. merek pasti bingung. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKLa1U_vWq4z0rOh4w0TGBu2SvaM7uTsWQoWivPzazocRNm6qNYSPWCHCrHYs5wBAhFz6PK2CNTwc2rNCMwsG3Lj2K-6GVYK8wRDr8idMnevp7F6S-eUYJ_VGnEyWvMETDsG1qtzHWKT4/s1600/dota.jpg


Tapi sebenarnya apa sih DotA itu? Kalau jawabannya bisa ditanyakan kepada para player DotA mungkin penulis juga tidak akan bingung. Masalahnya, tidak semua player DotA itu sendiri tahu apa DotA itu sebenarnya. Karena bagi mereka, yang terpenting adalah bagaimana menyenangkan dan serunya bermain game yang satu ini.

DotA ini sebenarnya seingkatan dari Defense of the Ancients dan merupakan sebuah custom map (peta buatan) yang dirancang oleh seseorang ber-nick name Ice Frog dengan platform Warcraft III:Frozen Throne. 

DotA terbagi menjadi 2 kelompok yang saling bertempur, yaitu Sentinel dan Scourge. Pemain tim Sentinel memiliki markas yang terletak di pojok kiri bawah, sementara pemain tim Scourge berbasis di pojok kanan atas map. Masing-masing markas dilindungi oleh tower (menara) dan gelombang unit-unit yang menjaga jalur menuju markas mereka. Di pusat markas kedua tim, terdapat "Ancient", yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh masing-masing tim. Bila Ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu dinyatakan kalah dan permainan berakhir.


Setiap pemain mengendalikan unit yang disebut Hero, sebuah unit kuat dengan berbagai kemampuan yang unik. Dalam game ini, total Hero yang dapat dipilih mencapai 103 Hero atau DotA Allstar hingga update map DotA terbaru versi 6.70c. Masing-masing hero memiliki kemampuan, taktik, kelebihan dan kekurangan yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Dalam satu game DotA, maksimal jumlah pemain sebanyak 10 orang dan terdapat slot lain yang bisa digunakan oleh juri atau pengamat tournament. Kesupuluh orang ini nantinya akan terbagi dua menjadi masing-masing 5 orang dalam kubu yang berbeda, Scourge dan Sentinel.

Berbeda dengan game ber-genre lain, DotA tidak membutuhkan quest dan sejenisnya. Karena permainan ini bergantung pada kekuatan hero individual dan strategi untuk mencapai target, yaitu menghancurkan Ancient. Untuk memaksimalkan hero yang digunakan, kita harus membunuh unit atau yang dikenal dengan creep yang dikontrol komputer untuk mendapatkan experience points yang berguna untuk menaikkan level hero. Kenaikkan level menambah ketangguhan hero dan besar damage yang dapat diberikan, dan memperbolehkan pemain meningkatkan skill yang dimiliki hero pilihan kita. 

Selain mendapat experience, pemain juga bisa mendapatkan gold dengan cara membunuh creep, tower, maupun membunuh hero lawan. Dengan menggunakan gold, kita dapat membeli barang untuk lebih memperkuat hero dan mendapatkan kemampuan baru yang bisa dibeli melalui NPC shop yang berada di markas. Beberapa barang dapat dibuat dengan cara digabungkan sesuai dengan persyaratan masing-masing. Membeli item harus dicocokan dengan Hero yang dimainkan, ini merupakan salah satu taktik ampuh untuk memenangkan game DotA.

Kelebihan Game Dota :

-Kelebihan DotA yang paling utama adalah, kombinasi yang tidak terbatas antar item, hero dan skill. 
-Tidak akan ada babak yang sama, bahkan ketika dimainkan oleh orang yang sama.
- Hebatnya lagi karena DotA hanyalah mods maka semua orang bisa memainkan DotA secara gratis. Yang perlu kamu lakukan adalah mendowloadnya di www.getdota.com atau mengambilnya di Battlenet.
- DotA memiliki sebuah portal yang selalu terbuka bagi semua orang. Bahkan Icefrog mendengarkan pendapat langsung tentang update, penyeimbangan dan konten baru untuk versi berikutnya.

Kekurangan Game Dota :
-Grafik yang digunakan dalam Dota versi warcraft sangat terbatas. Karena Dota versi ini hana mengandalkan grafik dari Engine dalam Game Frozen Throne. DirectX yang digunakan masih versi 8.1
-Ilegal toll di Dota versi ini contohnya MH (MapHack) belum ada solusi menanggulanginya. Walaupun banyak bermunculan detector tool, tetapi keakuratan setiap detector yang mencapai 70%.
-Belum adanya sistem level, sehingga orang-orang yang sudah jago bisa ketemu sama orang-orang yang baru belajar bermain, akibatnya yang jago gak dapet tantangan, yang baru belajar stuck di tempat.
-Proses Reconnect dalam dota lumayan ribet.Contohnya kita harus menggunakan aplikasi terpisah seperti GProxy.

Saran :

Saran menurut saya :
-Game dota ini harusnya diadakan sistem level bagi pemainnya Seperti game Point Blank .Dimana setiap Server ada tingkatan, sehingga pemain2 lama bisa bermain bertemu dengan pemain lama (yg ahli).
-Ilegal Tool seperti MH atau MapHack ditiadakan ,karena menganggu jalannya pertandingan.
-Dalam hal Grafik lebih ditingkatkan agar game ini semakin berkembang dalam hal grafik.


Rabu, 24 April 2013

Tentang Latar Belakang

       Photographi saat ini sudah menjadi gaya hidup dikalangan masyarakat. Photographi bukan sekedar gaya hidup namun ada juga yang menjadikan sebagai profesinya. Seiring berjalannya waktu peminat photgraphi sendiri semakin meningkat. Banyak orang yang memiliki camera DSLR (Digital Single Lens Refflect) namun tidak mengetahui cara mengoprasikannya, baik dalam menyeting cameranya mupun dalam pengambilan gambar. Melihat keadaan tersebut kelompok kami ingin membantu mereka yang ingin mempelajari photographi agar dapat memaksimalkan kemampuanya dibidang seni photo

nama web : www.kufotoin.com