Just another free Blogger theme

Welcome

Teknik Informatika
Google. Diberdayakan oleh Blogger.

Febrian RT

Febrian RT
-

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
DKI-Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Menyukai Aroma-Aroma yang berbau dengan 'Seni'

Rabu, 01 Oktober 2014

What's the Next?

Saya, Febrian Ruby Theo akan menjadi seorang IT Manager dan membuat perusahaan yang bergerak di bidang Network seperti Cisco, Juniper, Mikrotik dsb dengan nama PT.TwinsNetwork , tidak menutup kemungkinan di bidang lain seperti Database System, Server serta Radio .

Seorang IT Manager harus mampu menjawab kebutuhan perusahaan dalam menjalani bisnisnya. IT Manager disini cakupannya cukup luas, tidak hanya di perusahaan-perusahaan di bidang bisnis dan semacamnya tetapi perusahaan-perusahaan berbasis Teknik Informatika, 


Seorang IT Manager harus memiliki pengetahuan akan bahasa pemograman, sistem jaringan, sistem database, troubleshooting, sistem server dan people skill.








Produk Cisco routing menawarkan fitur yang terdepan untuk menaikkan kemampuan system, keamanan,kestabilan,dan performa yang baik dalam pengiriman data informasi.Teknologi Routing di ciptakan untuk Internet dan intranet.Router digunakan untuk menyambungkan beberapa jaringan komputer,mengantarkan informasi,diantaranya data,suara dan video untuk satu jaringan ke jaringan lain.Perusahaan Cisco menawarkan router dengan beberapa penawaran,untuk perusahaan yang bergerak di bagian infrastruktur jaringan,untuk ISP (Internet Service Provider)dan perusahaan besar yang menggunakan router untuk diakses oleh semua orang.


Produk Cisco Switching menawarkan bermacam macam model koneksi yang digunakan oleh pelanggan.kumpulan komputer dan server,dan fungsi untuk mengumpulkan semua LAN (Local Area Network),MAN (Metropolitan Area Network)dan (Wide Area Network).Switch adalah produk yang menggabungkan beberapa teknologi jaringan yang digunakan untuk gedung gedung dan kampus yang biasanya disebut LAN,dan untuk melalui bebeberapa kota biasa disebut dengan MAN,serta teknologi ynag melalui beberapa daerah yang biasa disebut dengan WAN.Cisco mengenalkan beberapa produk diantaranya,Ethernet,gigabit Ethernet,10-gigabit Ethernet,sikronis transfer data,SONET (packet over synchronous optical network).dan multi-protocol label switching.


Keuntungan teknologi Cisco untuk kedepannya menawarkan produk dan pelayanan melalui jaringan komputer serta komunikasi.Kategori dari produk dan pelayanan yang ditawarkan termasuk aplikasi pelayanan jaringan,jaringan rumah,perusahaan kecil,jaringan optik,keamanan,jaringan data center,komunikasi,sistem video dan teknologi wireless.
Sertifikasi di Bidang Jaringan
·         Sertifikasi dari Cisco : Cisco Certified Network Associate (CCNA), Cisco Certified Network Professional (CCNP), Cisco Certified Internetworking Expert(CCIE), Cisco Certified Designing Associate (CCDA), Cisco Certified Designing Professional (CCDP), Cisco Security Specialist 1(CSS1), dan lain sebagainya.

·         Sertifikasi dari CompTIA : CompTIA Network+, CompTIA Security+, CompTIA A+ dan CompTIA Server+.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk menjadi seorang IT Manager atau Network Engineer, saya memulai dengan membaca buku2, artikel tentang jaringan. Kursus tentang Jaringan CCNA, Juniper, Mikrotik.

Saya juga sedang mendalami bahasa pemrograman C++, Java, Dbase.
Untuk Langkah Kedepannya saya juga mendalami system, server, radio.
Semoga apa yang saya cita-citakan dapat tercapai dan dapat berguna kepada masyarakat. AMIN..

Daftar Pustaka,
http://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_Systems

Senin, 23 Juni 2014

Game Catur secara Konseptual

Catur adalah permainan yang dimainkan antara dua pemain . Permainan ini dimainkan pada papan catur , yang merupakan papan kotak-kotak persegi dengan 64 kuadrat diatur dalam sebuah-oleh-delapan grid delapan. Pada awalnya, tiap pemain kontrol enam belaspotongan : satu raja , satu ratu , dua rooks , dua kesatria , dua uskup , dan delapan pion . Tujuan permainan ini adalah untuk sekakmat lawan raja, dimana raja adalah serangan langsung (di ” cek “) dan tidak ada cara untuk menghapus atau mempertahankannya dari serangan pada langkah berikutnya.
Bentuk permainan saat ini muncul di Eropa pada paruh kedua abad ke-15 setelah berevolusi dari game yang lebih tua (Shatranj ) dariIndia asal. Aspek seni dapat ditemukan dalam komposisi catur . Teoretikus telah mengembangkan luascatur strategi dan taktikpermainan sejak awal itu. Salah satu tujuan awal para ilmuwan komputer adalah untuk menciptakan mesin-bermain catur . Catur sekarang sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari program catur dan kesempatan untuk bermain online. Pada tahun 1997 Deep Blue menjadi komputer pertama yang mengalahkan seorang memerintah Juara Dunia dalam pertandingan ketika mengalahkan Garry Kasparov.
Tradisi catur kompetitif terorganisir dimulai pada abad ke-16. Resmi pertama Juara Catur Dunia , Wilhelm Steinitz , mengklaim gelar pada tahun 1886; Juara Dunia saat ini adalah Viswanathan Anand . Catur adalah olahraga yang diakuidari Komite Olimpiade Internasional , dan dipimpin oleh FIDE . Hari ini, catur merupakan salah satu dunia yang paling populer games, dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia di rumah, di klub , online, melalui korespondensi , dan diturnamen .




Untuk membuat game ini dapat menggunakan program strowberry prolog, java dsb
Kali ini saya akan menjelaskan menggunakan java.
Pertama-tama buat dahulu class utama sebagai inti dari program yang dapat menghasilkan execute yaitu class Chess.java, kemudian simpan class itu dalam folder /src/ChessGame

/* coding program pemanggilnya*/

package ChessGame;
import MainFrame.ChessFrame.MainFrame;
public class Chess {
public static void main(String[] args) {
MainFrame F=new MainFrame() ;
}
}


Dibawah ini adalah listing dari langkah-langkah catur :
1 .Untuk langkah castle (benteng) adalah berjalan lurus dengan alur horizontal atau vertikal.

/*listing langkah castle (benteng)*/
public boolean PieceInMYway(int x, int y,Point othersPostion) {
int j=y;
int i=x;
if(((y==Y)&&(x>(X)||(x<(X))))) {

if((X

while( (i!=X+1)) {
i--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))//there Same Color piece
{
return true;
}
}
else if((X>i)) {
while( (i!=X-1)) {
i++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i))) {
return true;
}
}
}
} else if((((y>Y)||(y
if((Y
while((j!=Y+1)) {
j--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i))) {
return true;
}
}
} else if((Y>j)) {
while((j!=Y-1)) {
j++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i))) {
return true;
}
}
}
}
return false;
}

2. Untuk langkah Elephant (Sluncur) adalah berjalan lurus diagonal ke kanan & kekiri.

/* langkah-langkah (elephant) sluncur */
public boolean checkKing(int x, int y,Point othersPostion)
{
int j=y;
int i=x;
if((x-y)==(X-Y))
{
if(x>X&&y>Y)
{
while((j!=Y )&&(i!=X ))
{
j--;i--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if(x
while((j!=Y )&&(i!=X ))
{
j++;i++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if(((x+y))==((X+Y)))
{
if((Xj))
{
while(((j!=Y ))&&((i!=X )))
{
j++;i--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if((X>i)&&(Y
{
while((j!=X )&&(i!=X ))
{
j--;i++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
}
return false;
}

3. Untuk langkah Horse (Kuda) adalah berjalan membentuk huruf “L”.

/* listting langkah horse (kuda)*/
public boolean Canmove(int x, int y) {
if((x+1==X)&&(y+2==Y)||(x+1==X)&&(y-2==Y)||(x-1==X)&&(y+2==Y)||(x-1==X)&&(y-2==Y)||(x+2==X)&&(y+1==Y)||(x+2==X)&&(y-1==Y)||(x-2==X)&&(y+1==Y)||(x-2==X)&&(y-1==Y)) 
{
return true;
} else {
return false;}
}

4. Untuk langkah Queen (Patih) adalah berjalan bebas ke berbagai arah.

/* listing langkah queen (patih)*/
public boolean PieceInMYway(int x, int y,Point othersPostion)
{
int j=y;
int i=x;
if(((y==Y)&&(x>(X)||(x<(X)))))
{
if((X
while( (i!=X+1))
{
i--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))//there Same Color piece
{
return true;
}
}
else if((X>i))
{
while( (i!=X-1))
{
i++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
}
else if((((y>Y)||(y
{
if((Y
{
while((j!=Y+1))
{
j--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if((Y>j))
{
while((j!=Y-1))
{
j++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
}
else if((x-y)==(X-Y))
{
if(x>X&&y>Y)
{
while((j!=Y+1)&&(i!=X+1))
{
j--;i--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if(x
while((j!=Y-1)&&(i!=X-1))
{
j++;i++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if((x+y)==(X+Y))
{
if((Xj))
{
while((j!=Y-1)&&(i!=X+1))
{
j++;i--;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
else if((X>i)&&(Y
{
while((j!=Y+1)&&(i!=X-1))
{
j--;i++;
if(((othersPostion.y)==j)&&((othersPostion.x==i)))
{
return true;
}
}
}
}
return false;
}

5. Untuk langkah King (Raja) adalah berjalan bebas ke berbagai arah dengan langkah 1 kotak.

/* listing langkah king (raja)*/
public boolean Canmove(int x, int y)
{
if(((y==Y)&&(x==(X-1)))||((y==Y-1)&&(x==(X+1)))
||((y==Y-1)&&(x==(X-1)))||((y==Y+1)&&(x==(X+1)))
||(((y==Y+1)&&x==(X-1)))||((y==Y)&&(x==(X+1)))
||((y==Y-1)&&x==((X)))||((y==Y+1)&&(x==(X))))
{
return true;
}
return false;
}

6. Untuk langkah Piece (Pion) adalah berjalan vertikal 2 kotak atau 1 kotak.

/* listing langkah piece (pion)*/
public boolean PieceInMYway(int x, int y,Point othersPostion ,String typeColor ) {
if(Y-y==2||Y-y==-2) {
if((typeColor.equals("black"))) {
if((((y-1==othersPostion.y)&&(x==(othersPostion.x))))&&!movedbefore) {
return true;
} else return false;
}
else if (typeColor.equals("white")) {
if(((y+1==othersPostion.y)&&(x==(othersPostion.x)) &&!movedbefore)) {
return true;
} else
return false;
}
}
return false;
}


Demikianlah Cara membuat Catur sederhana .

Daftar Pustaka :

http://kaidarbilly.blogspot.com/2014/06/t2-rancangan-pembuatan-game.html
http://tobay.wordpress.com/2010/05/30/membuat-permainan-catur-dengan-java/
http://oinkseterez.wordpress.com/2010/06/01/permainan-catur/